Breaking

Tuesday 7 April 2020

Tutorial Fl Studio: Cara Memasukan Instrumen Ke Mixer

Cara memasukan instrumen ke mixer - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara memasukan instrumen ke mixer di Fl Studio.

Mixer adalah salah satu element penting yang ada di Fl Studio. Fungsi utama dari mixer sendiri adalah untuk keperluan mixing.

Jika kalian ingin me-mixing sebuah lagu, tentu saja kalian perlu memasukannya ke mixer terlebih dahulu.

Menghubungkan atau memasukan track dari channel rack ke mixer adalah salah satu hal penting yang harus kalian ketahui. Karena di mixer kalian bisa memberikan efek seperti sidechain, eq, compressor, dll.


Ada 2 cara untuk menghubungkan pattern ke mixer di Fl Studio. Ini cukup mudah untuk kalian yang masih belajar mengenai Fl Studio.

- Cara yang pertama adalah dengan meng-drag nomor yang terdapat pada channel rack.

Seperti yang kita lihat, drum secara otomatis telah masuk ke channel mixer nomor 1, clap ke channel mixer nomor 2, hi hats ke channel mixer nomor 3, snare ke channel mixer nomor 4. Jika kalian menambahkan instrumen baru di channel rack, maka nomornya belum ada.

Kalian tinggal meng-drag nomor tersebut ke nomor channel yang kalian inginkan.

- Cara yang kedua adalah dengan menggunakan tombol ctrl+l. Kalian pilih terlebih dahulu instrumen yang akan kalian masukan ke mixer dengan cara meng klik panel led yang ada di channel rack.

Jika sudah, masuk ke mixer dan pilih di channel mana yang ingin kalian masukan, klik salah satu channel dan tekan tombol ctrl+l.

Kelebihan menggunakan cara ini adalah, jika di channel rack kalian sudah memberi nama pada instrumen maka channel di mixer yang kalian isi akan otomatis terdapat nama yang sama juga.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang belajar fl studio.

Download FL Studio

No comments:

Post a Comment

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Featured

Pages