Breaking

Tuesday 7 April 2020

Tutorial Fl Studio : Cara Menggunakan Efek Equalizer Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula.


Cara Menggunakan Efek Equalizer Di Fl StudioYang Benar Dan Benar Untuk Pemula - Memberikan efek equalizer atau sering disebut Eq ing ini adalah proses dimana kita menyelaraskan instrumen melalui frekuensinya masing - masing. Jadi kita akan mengatur mana frekuensi yang akan kita kurangi dan juga mana yang akan kita tambah.

Eq ing juga menjadi salah satu dalam tahap mixing. Jadi ini adalah hal penting yang harus kalian pelajari. 

Pemberian efek eq bertujuan agar frekuensi dari masing - masing instrumen terdengar lebih rapih dan tidak bertumpuk.

Baca juga: Cara membuat lagu future bass seperti Martin Garrix di HP

Seperti contohnya instrumen kick dan juga bass. Jika kedua instrumen ini tidak diberi efek eq, maka suaranya akan terdengar kurang rapih dan juga menggangu satu sama lain.

Di Fl Studio sendiri sudah disediakan plugin untuk eq yang bernama Fruity parametric eq 2. Jadi kalian tidak perlu mendownloadnya lagi.

Sebagai contoh disini saya akan mempraktekan bagaimana memberikan efek eq kepada sebuah instrumen.

Misalkan disini saya kan meng eq instrumen kick dan bass agar terdengar lebih selaras dan rapih.

Pertama kalian insert plugin fruity parametric eq 2 di channel kick. Kemudian kalian play dan cari dimana frekuensi dominan dari kick tersebut.


Biasanya frekuensi dominan kick ada pada are 0 - 40hz.

Kemudian kalian insert lagi fruity parametric eq 2 di channel bass. Seperti yang tadi kalian lihat, frekuensi dominan kick ada pada area 40hz, maka dari itu kalian harus mengurangi frekuensi di area tadi.


Ini bertujuan agar frekuensi tersebut tidak bertabrakan dan juga tidak mengganggu instrumen kick.

Lakukan hal yang sama pada instrumen lainnya seperti lead, chord, dll.

Saya akan memberikan 1 contoh lagi, misalkan disini saya akan meng eq instrumen chord. Maka saya akan mencari frekuensi dominan dari kick dan bass, kemudian saya kurangi di area frekuensi tersebut.


Jadi eq ing simpelnya seperti itu. Usahakan agar tidak berlebihan dalam memberikan efek eq, karena disini kita untuk merapihkan suara bukan memisahkan suara.

Jadi, jika frekuensi low sudah dipakai kick dan bass, frekuensi mid dipakai chord, dan lead, bukan berarti kalian harus mengurangi semua frekuensi yang sudah dipakai.

Ketika kalian memberikan efek eq, usahakan agar tidak menghilangkan karakter asli dari instrumen tersebut.

Untuk instrumen seperti clap, snare, crash, dll, jika sudah terdengar enak tidak diberi efek eq pun tidak masalah.

Tips dari saya, jika kalian memberi efek eq, mulailah dari instrumen yang mempunya frekuensi terendah. Seperti kick contohnya.

Nah jadi itu lah cara eq ing yang baik dan benar, semoga kalian bisa bermanfaat. Jika kalian tidak mengerti, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Featured

Pages